Kamis, 16 Mei 2013

Manfaat Memijat Bayi

MANFAAT MEMIJAT BAYI


Pijat bayi adalah pengungkapan rasa kasih sayang antara orang tua dengan anak lewat sentuhan pada kulit yang berdampak sangat luar biasa. Pijat bayi dapat merangsang pertumbuhan dan memberikan efek yang posistif seperti pertambahan berat badan, respon bayi yang lebih baik dan lebih aktif serta masa perawatan di rumah sakit yang lebih pendek.
Pijat bayi merupakan cara yang menyenangkan untuk mengekspresikan kasih sayang kepada bayi Anda. Pijat bayi dapat menenangkan bayi Anda dan membantunya untuk tidur lebih pulas. Anda dan pasangan juga pasti akan merasa rileks dan senang.
Pijat bayi adalah sentuhan dan remasan lembut dengan ritme tertentu pada tubuh bayi dengan menggunakan tangan Anda. Sebagai bagian dari kegiatan rutin, dengan melakukan pijat bayi Anda bisa menstimulasi tungkai, pergelangan tangan, dan jari-jari bayi. Sentuhan lembut tangan Anda akan merangsang produksi hormon oksitosin dalam  diri Anda, bayi Anda, dan juga pasangan Anda apabila ia menyaksikan kegiatan pijat bayi ini. Oksitosin adalah hormon yang menimbulkan perasaan hangat dan perasaan cinta saat Anda menggendong bayi atau menyusuinya.
Manfaat pijat bayi.
Pijat bayi memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi bayi, namun juga untuk Anda dan pasangan Anda. Pijat bayi sangat bagus untuk bayi prematur, membantu mereka bertahan hidup, tumbuh, dan berkembang. Pijat bayi juga bermanfaat untuk bayi yang lahir cukup bulan.
Manfaat pijat bayi antara lain :
  •     Memperkuat ikatan batin (attachment) antara bayi dan Anda.
  •     Membuat bayi tetap rileks dan tidak mudah rewel.
  •     Bayi akan lebih jarang menangis.
  •     Bayi bisa tidur lebih pulas.
Ada pula teori yang mengatakan bahwa sentuhan dan kontak kulit bisa membantu merangsang dan menstimulasi perkembangan otak bayi.
Dengan memijat bayi, Anda juga akan merasakan perubahan mood yang positif dan membuat Anda merasa lebih memiliki kemampuan menjadi orangtua. Waktu yang Anda luangkan untuk melakukan pijat bayi merupakan saat-saat istimewa Anda bersama Si Kecil.
Saat Anda memijat bayi, Anda pasti akan berbicara dan melakukan kontak mata dengannya. Ini adalah salah satu manfaat pijat bayi yang bisa membantu ibu yang mengalami depresi pasca melahirkan (postnatal depression).
Pijat bayi juga bagus untuk para Ayah. Umumnya seorang ayah jarang menghabiskan waktu dengan anaknya, terutama bila mereka bekerja di kantor dan Si Kecil ASI Eksklusif. Kegiatan pijat bayi yang dilakukan rutin oleh Ayah pada saat sebelum tidur malam bisa mendekatkan hubungan Ayah dan bayinya.

Waktu yang tepat untuk pijat bayi.
Pilihlah waktu memijat di antara waktu menyusuinya, supaya ia tidak berada dalam kondisi yang terlalu lapar atau terlalu kenyang. Bisa juga dilakukan saat sebelum ia tidur siang. Saat yang tepat untuk memijat bayi adalah ketika ia bangun tapi tenang (tidak rewel). Mungkin Anda akan bingung menentukan kapan saat yang tepat terutama bila bayi Anda sering tidur dan selalu menyusu. Lama-lama Anda akan bisa menentukan kapan saat yang paling tepat untuk memijat Si Kecil. Anda bisa menjadikannya kegiatan rutin sebelum tidur, misalnya sesudah seka sebelum menyusui (sebelum tidur malam). Pijatan sebelum tidur akan membantu menenangkan bayi setelah menerima banyak stimulasi di siang hari dari lingkungan sekitarnya dan siap untuk tidur pulas.

Apa saja yang dibutuhkan sebelum mulai melakukan pijat bayi?
Pastikan ruangan dalam kondisi hangat dan tenang. Baringkan bayi di atas sehelai handuk atau kain lembut, bisa juga dialasi dengan alas ganti popok (perlak) di bawahnya. Pakaian bayi boleh dipakai supaya bayi tetap merasa hangat apabila udaranya agak dingin. Atau bisa juga Anda membuka pakaiannya seluruhnya dan sesekali biarkan bayi menikmati kondisi tanpa pakaian tersebut. Karena ini merupakan saat istimewa Anda bersama Si Kecil, pastikan tidak ada gangguan di dalam ruangan.
Bila Anda memiliki hewan peliharaan, untuk sementara pindahkan dulu ke ruangan lain, dan matikan ponsel Anda. Bisa juga sambil diiringi musik lembut yang rileks, jangan terlalu keras volumenya sehingga bayi bisa mendengar saat Anda berbicara padanya.  Persiapkan semua perlengkapan, antara lain :
  •     Minyak pijat.
  •     Handuk atau kain katun untuk alas.
  •     Pakaian bayi.
  •     Peralatan ganti popok.
Dengan menggunakan minyak atau krim akan mempermudah tangan Anda saat memijat bayi dan akan membuatnya menjadi rileks. Anda bisa menggunakan pelembab kulit bayi atau minyak sayur atau baby oil.
Apapun yang Anda pilih, minyak atau krim, disarankan untuk mengoleskannya sedikit dulu pada kulit bayi Anda, untuk mengetes adanya kemungkinan munculnya reaksi alergi.
Namun, ada beberapa jenis minyak atau krim yang jangan digunakan, karena bisa membuat kulit bayi mengalami iritasi, antara lain :
  • Minyak mustard (mustard oil), karena pada saat pengolahannya ada campuran biji-bijian lain.
  • Minyak kacang (peanut oil), karena apabila tidak disaring secara baik, protein yang terkandung di dalamnya berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi. Sangat sulit menemukan minyak kacang murni yang dijual di pasaran.
  • Krim Aqueous, karena mengandung deterjen yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi.
Bila bayi Anda sedang mengalami sakit kulit seperti eczema, Anda bisa menggunakan krim obat yang sudah diresepkan oleh dokter untuk memijatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More