Kamis, 09 Januari 2014

Asal Marga Nasution

Asal Usul Marga Nasution  Di mandailing Godang

 Kalimat “Nasution”, berasal dari kata Nasaktion yang berarti

http://stat.kompasiana.com/files/2010/08/makam-baroar.jpg
Makam Sibaroar
sakti.Menurut yang penulis ketahui asal muasal marga nasution .
menurut cerita  orang yang dituakan adalah sebagai berikut:
Didaerah desa Hutabargot sekarang, dahulunya  di pimpin oleh seorang raja  bernama Sutan Pulungan. Raja tersebut mempunyai kesenangan berupa berburu.
Disuatu waktu pada saat sutan pulungan berburu di tengah hutan beliau menemukan seorang bayi. dan kemudian bayi tersebut dipungut dan  di bawa ke istana serta diberi nama  Baroar. Pada saat itu raja juga mempunyai seorang anak yang seumur dengan si Baroar.
Seiring bertambahnya waktu 6 tahun tidak terasa anak raja dan si Baroar pun semakin besar Tetapi terdapat perbedaan antara  perilaku  anak raja dan si Baroar, anak raja terkenal sangat bandel  sehingga banyak anggota kerajaan yang tidak menyukainya, berbeda dengan si baror sifatnya dan banyak yang menyukainya. Mendengar desas desus di luaran, hati raja sangat tersiksa.
Sang raja mulai membenci si baroar. walaupun antara  anak raja dan sibaroar begitu mirip  Sutan pulungan
tidak bisa menahan murkanya. Hingga sang Raja membuat suatu rencana untuk menghilangkan si Baroar.
Pada saat renovasi Istana Kerajaan sang Raja memerintahkan kepada pekerja pada saat penanaman tiang tengah istana nanti si baroar di masukkan kedalam  lubangnya. Tiba saat yang di tunggu para pekerja  melihat  sibaroar bermain di sekitar halaman istana, dengan siga para pekerja manangkap sibaroar dan selnjutnya anda tau apa yang dilakukan para pekerja.
Sore harinya para  pekerja melaporkannya pada raja hasil pekerjannya pada raja. Mendengar laporan pekerja raja merasa puas, raja merasa tidak ada ada lagi yang di puji masyarakat selain anaknya. tetapi apa yang terjadi sore harinya saat sang anak di panggil  ternyata tidak muncul - muncul dan sang raja pun marah karna ternyata  bukan sibaroar yang di ambil pekerja tetapi si anak raja. Kemudian dia memerintahkan hulu balang mencari si Baroar dan membunuhnya. Mendengar raja marah seorang wanita pembantu kerajaan mendengar bahwa  si baroar akan di bunuh, diapun mencari si Baroar dan menemukannya sedang bermain di halaman belakang istana.
Dengan sembunyi  - sembunyi pembantu tersebut melarikan si Baroar dari istana. Para hulu balangpun pun kemudian mengejar si Baroar dan pembantu sampai di tepian sungai batang gadis yang sedang banjir. Pembantu begitu  takut karena pasukan  hulu balang semakin dekat. tetapi tidak begitu lama sebatang pohon yang hanyut tersangkut melintang membentuk seperti jembatan darurat dan dengan sigap pembantu tersebut menyeberang dan pada saat sampai di seberang kayu tersebut pun hanyut  kembali sehingga para hulu balang tidak bisa mengejarnya. Pada  saat itulah pembantu tersebut yang merasa kejadian yang baru mereka alami begitu mustahil dan memberi nama  kepada si Baroar "Baroar Nasaktion"   

Kisah Si Baroar merupakan cerita rakyat yang masih hidup sampai sekarang, terutama di tengah-tengah masyarakat di tanah Mandailing, dan cerita itu cukup menarik perhatian. Versi yang banyak beredar dan sering diceritakan oleh orang-orang tua, terutama turunan marga Nasution, adalah Si Baroar dikatakan sebagai anak orang “Yang Sakti”. Itulah sebabnya kenapa Si Baroar tadi dijuluki sebagai “Nasaktion”. Jadi, tak heran pula kenapa jawaban bapak, ibu, dan opung saya itu punya kesamaan, karena sumber ceritanya juga sama, dari cerita rakyat yang mereka dapatkan dari bapak, opung, dan ibu mereka dulu secara turun temurun hingga sampai ke telinga saya. Dan niscaya, saya juga akan menyampaikan cerita itu kepada anak dan cucu saya kelak, demikian seterusnya.
Bagas Godang  Nasution Panyabungan

20 komentar:

Baru Tau X_X Maklum saya nasution cuma nempel Gelar doank,,,,

Menurut cerita dari oppung saya
Nama kampungnya HUTA BARGOT bukan Huta bargor,, dan si baroar itu bersama IBUNYA bukan Pembantu.
Mohon di perjelas lagi ceritanya.
Terima Kasih.

Saya,, NASUTUON JIOR

menurut yang saya ketahui nama pembantu atau pelayan itu adalah Sauwa. trimakasih buat komennya dan salam kenal.
mungkin anda juga salah ketik NASUTUON JIOR Atau Nasution dari desa adian Jior Atau nasution Junior.

sapanaili rap sapangambe, pala dong na sala rap ita pature.....
www.suku-mandailing-sumut.blogspot.com

Ngarang cerita nya...
Penipu...
Gak percaya aku...

Klu gak tau asal usul nya..
Jangan sok tau..

Jd tau asal marga Nasution...

Saya juga nasution bahkan saya juga udah pernah jiarah ke makam opung nasibaruar glr sutan diaru ,ada 2 versi setau saya asal marga dan asal kata nasution 1.dari kata nasaktion 2.dinastion versi yg pertama dari opung nasibaruar nasaktion cerita persis sama dengan cerita yg di atas opung nasibaruar terkenal karena kesaktiannya hingga di angkat menjadi raja yg bergelar sutan diaru.versi yg 2.berasal dari orang cina yg berasal dari dinasti yan seorang pendatang dan di panggil orang2 pribumi orang dinasti ( dinasti on )

Saya juga nasution bahkan saya juga udah pernah jiarah ke makam opung nasibaruar glr sutan diaru ,ada 2 versi setau saya asal marga dan asal kata nasution 1.dari kata nasaktion 2.dinastion versi yg pertama dari opung nasibaruar nasaktion cerita persis sama dengan cerita yg di atas opung nasibaruar terkenal karena kesaktiannya hingga di angkat menjadi raja yg bergelar sutan diaru.versi yg 2.berasal dari orang cina yg berasal dari dinasti yan seorang pendatang dan di panggil orang2 pribumi orang dinasti ( dinasti on )

benar menurut cerita orang tua,khusus nya masyarakat yang tinggal di lembah gunung sorik marapi dan sekitar nya memang nasution itu asal kata nya dari kata nasaktion,sampai sekarang bagas godang sama gordang sambilan masih ada sampai sekarang,termasuk di sibanggor julu,MANTAPPPPP!!!!!!!

Ngomong sibanggor jadi ingat pemandian air panas disana...
Melewati jalan kelok tolu kalo dari maga...

Ngomong sibanggor jadi ingat pemandian air panas disana...
Melewati jalan kelok tolu kalo dari maga...

Bukan kah baroar ditemukan di hutan seorang diri tanpa ada ibunya, setau saya itu pembantu kerajaan nya. Mohon di kritik lagi klo saya salah

tepat sekali seperti yang diceritakan ompung saya, tapi versi cerita dari ompung saya, (maas nasution masih keturunan dari abdul gani nasution,generasi ke lima keturunan sibaroar) saat bercerita kepada saya bersama ayah saya tentang asal usul sibaroar versinya mengatakan: pertama,cinta buta sang raja bersama seorang pembantunya melahirkan buah kasih anugrah seorang anak."sibaroar adalah anak gelap sang raja terhadap seorang pembantunya tapi tidak diketahui oleh orang orang dikerajaan kala itu,hal ini dpt diterima karena kemiripan sibaroar dengan anak raja bahkan bisa dikatakan kembar.(ibu yang berbeda tapi memiliki ayah yg sama tidak mustahil anaknya akan sama juga sebab masih satu keturunan,ini menjadi alasan logis kenapa sibaroar berwajah kembar dengan anak raja)
kedua, sibaroar bersama anak raja sering bermain bersasma dan raja tak pernah membedakan antara sibaroar dengan anaknya walaupun sibaroar hanya keturunan pembantu.melihat tingkah sang raja maka istri nya menjadi takut kelak sibaroar berpengaruh dikerajaan iapun sangat membenci sibaroar kemudian istri sangrajalah yang berencana membunuh dan mumusnahkan sibaroar.(ini juga menjadi alasan logis,kenapa sibaroar dicintai sang raja dan tak pernah membedakan mereka. biar bagaimanapun sibaroar adalah anak dari raja juga)
ketiga,pada saat pembuatan tiang kerajaan (dalam upacara kerajaan),maka istri kerajaan memerintahkan prajurit kerajaan untuk memasukkan sibaroar secara diam diam kedalam lubang tiang yang akan ditimpahi tiang itu.tapi yang tertanam dan terbunuh saat itu bukan sibaroar tapi putranya istri sang raja
ini dikarenakan mereka memang sulit dibedakan

keempat,dalam sejarahnya kenapa sibaroar diselamatkan pembantu sang kerajaan bukan orang lain yang menyelamatkan. ini juga menjadi alasan dalam memecahkan masalah yaitu hukum "Sangkut paut" yah benar sekali karena sibaroar adalah anak kandung pembantu itu sendiri, ini bisa menjadi alasan logis. karna masih ada rasa tanggung jawab sang ibu terhadap anak kandungnya sendiri.

kelima cerita sibaroar memang sulit dipastiakan kesempurnaan ceritanya karena banyak versinya ini disebabkan mungkin dalam penyampaiannya ada yang kurang sempurna karna pada saat itu kakek kakeknya kakek kita membagi kisah ini dari mulut kemulut, kemungkinan sebagian ada yang salah dengar,salah pengertian,atau kurang paham maksud cerita

tapi kita sebagai penerus keturunan marga nasution harus mengetahui bahwa kisah sibaroar ini bukan cerita dongeng atau mitos tapi memang benar adanya sebab dari sinilah kita berasal dari raja nasaktion marga kita jelas asal usulnya karna mewarisi marga dari bapak sampai sekarang ini.

dan poin tambahan dari ayah saat kakek saya bercerita dikala itu, nasution itu memang benar kesaktiannya dalam membaca situasi yang akan trjadi dan mewarisi garis keturunan yang sempurna
dan ayahku juga menambahkan menurut pengelihatannya ciri ciri yang paling mencolok dari seorang bermarga nasution itu adalah ujung alis mata yang mencuat keatas( tapi aku tidak tahu apakah ini berlaku atau tidak untuk semua yang bermarga nasution, silahkan kita berkaca dan memperhatikan ujung alis mata kita)

apakah mencuat atau tidak.



































Udah gk usah bnyk berdebat,,
Kita di sini smua nasution, dan kita bersaudara..

Udah gk usah bnyk berdebat,,
Kita di sini smua nasution, dan kita bersaudara..

Udah gk usah bnyk berdebat,,
Kita di sini smua nasution, dan kita bersaudara..

Minta info dan sejarahnya yng fix dong ...saya juga nasution..tp saya lahir di jakarta.. Jd saya buta sejarah asal muasal dri marga nasution ini..trimakasi abang abang dan om om..yng mau berbagi srjarah..salam satu darah

Apakah benar nasution itu bersaudara dengan marga siahaan atw simanjuntak???

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More