TOP SPEED NAIK DENGAN SELANG 5 MM
Tapi jangan banyak teori ya pak, nanti kilikerp makin pusing. Yang sederhana saja. Simpel, getu loh.
“Ooo, itu gampang. Saya kan tidak berdiri di depan kelas yang tahunya
dari buku teori. Ini diuji sendiri, tapi belum pakai dyno,”
promo Pak Oemar Bakrie ini. THY begitu sapaannya, menyebut ujicobanya
‘Super Jet 5000’ (SJ). SJ merekayasa asupan bahan bakar karburator lebih
pas. Utamanya karburator yang posisi cuk seperti Honda Supra X.
Sediakan pilot jet standar Supra alias 38 dan mereknya Keihin. Pergi ke toko sparepart Honda untuk membelinya. Beli juga selang transparan diameter 5 mm, panjang secukupnya. Lepas karbu
dan letakkan pada wadah dan tempat yang aman. Biasanya bila sedang
serius kerja dan sembarangan ditaruh, bisa kena injak lalu berceceran.
Nah butuh waktu mencarinya. Seisi rumah repot disuruh ikut mencari.
Lepas
tuas cuk pada karburator dengan obeng plus. “Rangkai SJ 5000. Masukkan
pilot jet tadi ke salah satu ujung selang transparan. Lalu, masukan pada
dudukan katup cuk. Bila takut jatuh bisa dilem atau diikat dengan insulock.
Ujung lain masukkan pada pipa pembuangan bensin di karburator. Jangan
lupa selang bawaannya dilepas terlebi dahulu,” urai guru yang pantau
terus web maniakmotor.com ini. Hebat!
Pasang
kembali karburator. “Supaya alat ini bekerja, buka baut pembuangan
bensin ½-2 putaran ke kiri. Bensin akan keluar dari pipa dan mengalir ke
slang. Jangan khawatir tumpah, karena berlaku hukum bejana
berhubungan,” urai guru dengan dua anak ini dari istri satu. Belum
tambah istri, pak?
Tinggal
dicoba. Top speed bisa naik 5-15 km/jam dari kondisi standar dan irit.
Peningkatan performa bisa diatur dari bukaan baut pembuangan. “Saat
mesin digeber pada putaran tinggi, udara yang masuk ke venturi semakin
banyak dan cepat. Bensin yang berada pada selang tambahan
tadi akan terisap ikut bercampur udara yang ke ruang bakar. Tentu dalam
bentuk kabut, kan pakai pilot jet tambahan tadi,” tutup pak guru yang pengidola Valentino Rossi itu.
0 komentar:
Posting Komentar