Selasa, 09 April 2013

DONGKRAK KOMPRESI BEAT PAKE PISTON VARIO



ManiakMotorTidak perlu beli piston jenon(high-dome) mendongrak  kompresi Honda Beat dan Scoopy. Cukup pakai piston Vario, kompresi sekadar kebut jalanan akan didapat.  Silakan juga dipakai penggemar tarikan responshif , walau beliau bukan tukang kebut.
Piston Vario jelas lebih murah dengan piston hig-dome yang di atas Rp 350belum termasuk ring piston. Belum lagi ongkos sewa mekanik.  Milik Vario hanya separuhnya dan lebih murah dikerjakan sendiri. Asli, telah dicoba penulis artikel ini dan asyik-asyik aja tuh digeber setiap hari cari berita. Ditantang kebut-kebutan juga dilayani. Namanya juga reporter maniakmotor.com, geetu loh.  
Kemampuannya tidak kalah dengan yang pake piston monyong aftermarket tadi. Piston standar Vario lebih mancung 1 mm puncaknya (dome) dari Scoopy dan Beat. Milik Scoopy kan pesek. Otomatis pemanpatan ruang bakar akan naik, tapi bisa disiram dengan bensin premium. Tarikan jadi ngibriiit. Tapi tetap eling wospodo, jangan sampai malah lebaran di rumah sakit.
Enaknya lagi dimensi kedua piston itu sama. Mulai diameternya yang  50 mm hingga ukuran pin piston. Kelebihan lain piston Vario memiliki ring  yang lebih tipis. Gesekannya terhadap dinding silinder lebih ringkas.
Piston Vario belum punya jalur oli
Tetap ada perbedaan pada dinding luar piston. Milik Beat atau Scoopy ada jalur olinya. Sedangpunya Vario belum ada. Tinggal minta bantuan  tukang bubut membuat alur baru pada dindingnya. Ongkosnya tidak mahal kok, sekitar Rp 20 rebu an. Rincian biayanya, harga piston Vario sekitar Rp 120 ribu,  ongkos untuk membuat jalur oli pada tukang bubut Rp 20 rebu. Ongkos bongkar pasang mekanik sekitar Rp 100 rebu an. Ditotal Cuma Rp 250 rebu. Ok kan cui..?

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More