Minggu, 28 April 2013

Rumah Tangga Nabi Muhammad SAW

Rumah Tangga Sakinah Nabi Muhmmad SAW



Sebuah kisah Nabi SAW yang luar biasa dan mengharukan! Inilah bacaan wajib untuk kita menuju rumah tangga sakinah. Kisah ini cocok disampaikan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di bulan Maulid ini. Salah satu kisah Nabi SAW yang benar-benar patut menjadi uswatun hasanah bagi kita semua.

Suatu hari, Nabi SAW kembali dari medan jihad fi sabilillah, diiringi oleh para sahabatnya. Sampai depan gerbang kota Madinah tampak istri nabi, Aisyah sudah menunggunya. Rindu pada suaminya, NabiSAW sudah sangat terasa. Akhirnya Nabi SAW beserta rombongan sampailah di kota Madinah. Aisyah dengan gembira menyambut kedatangan suami tercinta.

TibalahNabi Muhammad SAW di rumah untuk istirahat melepas lelah. Aisyah di rumah tengah sibuk membuat minuman untuk Nabi SAW, sang suami. Kemudian minuman itu pun diberikan kepada Nabi SAW. Beliau meminumnya perlahan sampai hampir menghabiskan minuman yang dibuat istrinya itu. Tiba-tiba Aisyah berkata “Yaa Rasulullah biasanya engkau memberi sebagian minuman untukku, tapi mengapa hari ini tidak kau berikan gelas itu?”

lanjutan kisah nabi saw …

Muhammad SAW diam dan hendak meneruskan minum air di gelas itu. Dan Aisyah bertanya lagi, “Ya Rasulullah biasanya engkau memberikan sebagian minuman kepadaku tapi mengapa hari ini tidak engkau berikan gelas itu?”

Akhirnya Muhammad SAW memberikan sebagian air yang tersisa di gelas itu. Aisyah meminum air itu, dan ia begitu kaget… lantas memuntahkan air itu. Ternyata terasa asin!
***

Subhanallah, inilah keluhuran budi pekerti Muhammad SAW. Dalam keadaan lelah pun, meskipun istrinya memberi minuman asin, beliau tidak marah-marah. Bahkan, sedianya Rasulullah hendak menyembunyikan kesalahan istrinya dengan menghabiskan seluruh minumannya.

Hikmah kisah yang mesti kita ambil dalam kisah Nabi SAW tersebut di atas adalah: Agar para suami selalu menghargai istri, meskipun istri berbuat salah (apalagi benar).
Agar para suami tidak lekas marah kepada istrinya, jaga keharmonisan selalu.

Agar para istri menghormati suami dan memberikan layanan yang baik, meskipun hanya dengan segelas minuman.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More