Jumat, 29 Maret 2013

Pembenihan Ikan mas

PEMBENIHAN IKAN MAS


Budidaya ikan mas merupakan prospek peluang bisnis yang sangat menggiurkan, karena ikan mas merupakan ikan konsumsi yang sangat di gemari masyarakat. 
Di sini pemijahan yang kita lakukan adalah  secara  alami. yang pertama kita lakukan adalah pemilihan indukan. Induk ikan mas  yang di pilih adalah indukan yang sudah berumur kurang lebih 2 tahun dengan ciri fisik sehat dan perut buncit karena siap untuk memijah. Dan untuk indukan jantan cirinya gerakannya lincah serta mengeluarkan cairan putih sperma dari lubang kelamin jika di pencet.

Persiapan kolam
Mencuci dan mengeringkan wadah pemijahan (bak/kolam)
* Mengisi wadah pemijahan dengan air setinggi 75-100 cm
* Memasang hapa untuk mempermudah panen larva di bak atau di kolam dengan ukuran 4 x 3 x 1 meter. Hapa dilengkapi dengan pemberat agar tidak mengambang.
* Memasang kakaban di tempat pemihajan (dalam hapa). Kakaban dapat berupa ijuk yangdijepit bambu/papan dengan ukuran 1,5 x 0,4 m. 
* Memasukkan induk Ikan Mas jantan dan betina siap pijah. Jumlah induk Ikan Mas betina yang dipijahkan tergantung pada kebutuhan benih  dan luas kolam yang akan digunakan dalam pendederan. Satu Induk Ikan Mas betina dipasangkan dengan 2 atau tiga ikan mas jantan atau bahkan lebih tergantung bobot indukan betina.
*  Mengangkat induk yang memijah dan memindahkannnya ke kolam pemeliharaan induk .
Setelah telur berusia kurang lebih 4 hari maka telur ikan mas akan menetas menjadi larva , beberapa saat setelah menetas larva masih mendapatkan suplai makanan cadangan dari telur, setelah itu perlu diberi makanan tambahan berupa pelet untuk larva, kutu air atau kuning telur rebus. Setelah kurang lebih lima hari larva ikan mas  siap ditebar di kolam pembenihan.


Pendederan benih
Pendederan dilakukan jika kita ingin melakukan pembesaran ikan mas untuk konsumsi, jika tidak kita bisa langsung menjualnya kepasaran.

Demikan teknik pembibitan ikan mas, semoga bermanfaat.....

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More