Kamis, 04 April 2013

Budidaya Itik Pedaging

ITIK PEDAGING




Pemeliharaan itik pedaging sekarang ini semakin menggiurkan, ini dikarenakan sudah banyak daging itik yang dibuat sebagai makanan. Daging Bebek mengandung energi sebesar 326 kilokalori, protein 16 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 28,6 gram, kalsium 15 miligram, fosfor 188 miligram, dan zat besi 2 miligram.  Selain itu di dalam Daging Bebek juga terkandung vitamin A sebanyak 900 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daging Bebek, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 60 %.

 BIBIT.
Anak itik yang akan di besarkan dapat kita beli langsung dari penjual bibit atau melakukan penetaskan anak itik sendiri. Bila kita membeli atak itik kita harus memilih anak itik yang sehat dengan ciri - ciri pergerakannya lincak dan liar serta didak mempunyai cacat.


KANDANG
Kandang tidak perlu luas, disini yang paling penting adalah adanya air bagi itik untuk mandi. Lahan juga harus bebas dari dampah masyarakat.

PAKAN
Anak itik yang beru menetas kita beri pakan buatan sebagai makanan hingga berumur 2 minggu.
Selanjutnya pakan yang paling bagus untuk pembesaran adalah daging keong mas yang sudah di rebus.
Pakan ini sebaiknya kita beri 3 kali dalam datu hari.


PENYAKIT
Pada Dasarnya penyakit itik tidak banyak. kita cuma selalu memeriksa kandang atau lahan bermain itik apa ada terdapat bangkai. karna bila bangkai binatang atau sisa daging keong yang busuk dimakan itik makaitik akan mengalami kelumpuhan.



PENJUALAN
Pada umur 4 - 5 bulan itik sidah bisa kita jual pada pemampung.
Selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More